Artikel Aku Alergi Air , Gacha Life Mini Movie/Short Movie, Drama Short Story.




Gachavanessatiorensia, IndonesiaAquagenic urticaria dalam istilah medis adalah Alergi air, dapat menyebabkan kulit gatal dan mengalami bercak-bercak seperti ruam, dikala terkena air mandi. Walau langka, Anda juga harus mewaspadainya.
Maka dari itu, mari kenali penyebab, gejala, dan sistem pengobatan dari Aquagenic urticaria atau alergi air ini.

Alergi air disebabkan oleh hal-hal ini

Urtikaria yakni sebutan lain dari gatal-gatal, dan memiliki bermacam ragam. Salah satunya ialah akuagenik, yang menyebabkan timbulnya rasa gatal dan ruam pada kulit, sesudah Anda terkena air.

Dalam sebuah laporan, alergi air dianggap sebagai kondisi medis yang betul-betul langka. Jumlah yang teregistrasi dalam literatur medis, tak melebihi angka 100 kasus.

Walau semacam itu, alergi air bisa menyerang siapa saja, bagus pria ataupun wanita. Dari 50 kasus yang terlaporkan, pasien wanita lah yang mendominasi. Alergi air lebih tidak jarang muncul selama atau sesudah pubertas.

Hingga saat ini, penyebab alergi air masih misterius alias belum dikenal oleh para peneliti. Beberapa dari mereka berspekulasi, alergi air diakibatkan oleh zat kimia bernama klorin, yang terkandung di dalam air.


Baca juga ya :  Aku Tertukar Dengan Bayi Lain Saat Lahir Versi Gacha Life

Sumber air yang bisa menyebabkan munculnya gejala alergi air sangatlah bermacam-macam, mencakup:
  • Keringat
  • Air mata
  • Air hujan
  • Salju
Dengan kata lain, kegiatan mandi atau berenang, berpotensi memunculkan gejala-gejala alergi air, yang tentu dapat sungguh-sungguh mengganggu aktivitas penderitanya.

Alergi air timbulkan berjenis-macam gejala

Perlu dikenal, gejala yang muncul imbas alergi air ini, disebabkan oleh pelepasan histamin dalam tubuh Anda. Karena, di dikala mengalami alergi, cara kekebalan tubuh akan melepaskan histamin sebagai respon untuk melawan zat membahayakan. Pada akhirnya, histamin ini dapat memicu gejala alergi.

Alergi air dapat menyebabkan ruam yang gatal dan menyakitkan, jikalau digaruk. Umumnya, ruam ini akan timbul di bagian leher, lengan, dada, sampai semua bagian tubuh lainnya.

Setelah sebagian menit terekspos dengan air, para penderita alergi air akan mengalami sebagian gejala di bawah ini:

Eritema (munculnya warna merah pada kulit)
Sensasi terbakar
Munculnya lesi (jaringan tidak normal pada tubuh)
Peradangan kulit
Dalam kasus yang lebih parah, meminum air putih dikala haus, bisa memunculkan sebagian gejala angker, seperti:

Ruam di sekitar mulut
Susah menelan
Sulit bernapas
Sesak napas atau mengi
Sesudah pasien “mengeringkan” tubuhnya dari air, gejala-gejala dari alergi air akan mulai menghilang dalam kurun waktu 30-60 menit.

Bagaimana sistem mendiagnosis alergi air?

Untuk mendiagnosis alergi air, dokter akan menjalankan pemeriksaan percobaan fisik, dengan memperhatikan ciri-ciri gejalanya, serta mengoleskan air pada tubuh pasien.

Dalam percobaan diagnosis hal yang demikian, dokter akan mengompreskan kain hangat (35 derajat Celcius) ke komponen atas tubuh pasien. Umumnya ini dijalankan, untuk memancing timbulnya respons gejala-gejala alergi air. Seandainya, gejala akan muncul sekitar 15 menit kemudian.

Selama 20 menit, bagian atas tubuh pasien akan dikompres dengan kain hangat. Tidak memang gejala-gejala alergi air timbul, maka dokter akan langsung memberikan rekomendasi penanganan dan pengobatannya.
Dokter akan mencatat segala reaksi yang terjadi pada tubuh Anda, setelah terkena air, kemudian membandingkannya dengan kemungkinan keadaan medis lainnya.

Apakah alergi air bisa disembuhkan?

Tapi ada obat untuk menyembuhkan alergi air. Namun, ada beberapa pengobatan yang dapat dilakukan untuk mencegah kemunculan gejala alergi air.

Pengobatan dengan antihistamin bisa dilaksanakan, untuk mencegah timbulnya gejala yang disebabkan oleh alergi. Namun, obat-obatan antihistamin mesti diresepkan oleh dokter, untuk menerima dosis yang pas. Biasanya, obat antihistamin akan dikonsumsi, setelah kulit penderitanya terkena air.

Tidak gejalanya telah parah, sampai membikin sulit bernafas, dokter akan merekomendasikan injeksi epinefrin. Alat berbentuk pulpen ini bisa meningkatkan tekanan darah untuk meredakan pembengkakan dan gatal-gatal. EpiPens juga membantu paru-paru yang menyempit untuk berfungsi kembali.


Referensi:

Sehat. https://www.sehatq.com/artikel/alergi-air-kondisi-medis-langka-yang-bisa-dialami-setiap-orang

Diakses pada 19 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/aquagenic-urticaria
Diakses pada 19 Desember 2019
Derm Net NZ. https://dermnetnz.org/topics/aquagenic-urticaria/
Diakses pada 19 Desember 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5136360/
Diakses pada 19 Desember 2019

#AlergiAirGachaLife #GLMVAlergiAir #DramaShortMovieGL #Vanessatiorensia
Hai Kawan..
Setelah 2 bulan lebih baru mengupload video lagi :(
Semoga kedepannya akan lebih lancar.
Thanks for Watching and Visiting.
Don't Forget to Subcribe, Like and Share.
Subscriber Count : 2570
Music used: Vacation
Channel : https://www.youtube.com/watch?v=ALzvS...
► If you want to use the music, please make sure to give a credit :))
=========================================================




Next Post Previous Post
Related Post
aku alergi air,alergi,alergi air,artikel,gacha life indonesia,Gacha Life Mini Movie,Gacha Life Short Story,gachalife,kesehatan kulit,kulit sensitif,peradangan